Tricks Puasa bagi Ibu atau Wanita Hamil

  • Share

KOMPAS.com – Berpuasa di bulan Ramadhan adalah kewajiban setiap umat Islam.

Meski begitu, ada beberapa golongan yang boleh untuk tak berpuasa.

Salah satunya ialah ibu hamil dan menyusui.

Bagi wanita yang hamil yang tetap berpuasa, berikut tipsnya agar puasa tetap lancar:

Baca juga: Tricks Puasa bagi Ibu Menyusui

1. Konsultasi ke dokter

Melansir British Nutrition Foundation, kalau ingin berpuasa dalam kondisi hamil, maka harus mendiskusikannya terlebih dahulu dengan bidan atau dokter.

Wanita hamil perlu melakukan pemeriksaan kesehatan, untukmengidentifikasi potensi komplikasi yang mungkin terjadi ketika berpuasa.

Menemui bidan dan dokter juga perlu untuk menerima hikmah menjalani puasa agar kesehatan bayi tetap terjaga.

Nah, untuk bunda yang memiliki risiko tinggi pada kehamilannya sangat dianjurkan untuk tidak ikut berpuasa ya bund..

Mimin punya ideas nih supaya tetap sehat dan lancar dalam menjalankan ibadah puasa. Simak yuk bund, panduan puasa sehat untuk ibu hamil dan ibu menyusui berikut! pic.twitter.com/uzoheOeBLt

— Perempuan dan Anak (@kpp_pa) April 16, 2021

Baca juga: Tricks Puasa bagi Ibu Hamil agar Tetap Sehat dan Bugar

2. Jaga cairan tubuh

Penelitian belum menemukan adanya perbedaan antara bayi yang lahir dari ibu yang berpuasa dan yang tidak berpuasa selama Ramadhan.

Meski begitu, puasa tetap dapat meningkatkan risiko dehidrasi, terutama kalau Ramadhan jatuh selama trend panas.

Ini dapat memengaruhi fungsi ginjal dan jumlah cairan di sekitar bayi.

Maka, penting untuk menjaga cairan tubuh.

WHO tidak merekomendasikan minuman yang mampu memicu urin berlebih, mirip kopi, teh dan minuman bersoda.

Ingatlah bahwa selama kehamilan, jumlah cairan yang Anda butuhkan mampu bertambah.

Selain minum banyak cairan, konsumsi makanan yang memiliki kandungan air tinggi mirip buah-buahan, sayuran, sup, semur, dan bubur untuk menu sahur dan buka puasa.

Hindari mengonsumsi terlalu banyak makanan asin, terutama di pagi hari, karena hal ini dapat membuat mudah haus.

Baca juga: Tricks Olahraga pada Bulan Puasa

3. Tricks berpuasa

Melansir Khaleej Cases, seorang ahli kebidanan dan kandungan di klinik iCare, Dubai, dr Rashi Gupta merangkum beberapa ideas berpuasa bagi wanita hamil.

  • Tetap terhidrasi dengan minum banyak air ketika sahur dan buka puasa
  • Berbuka puasa dengan makanan sehat termasuk protein, buah-buahan, kurma dan serat
  • Berbuka puasa kalau merasa terlalu lemah
  • Makan makanan kaya energi ketika sahur
  • Hindari aktivitas yang akan membuat kelelahan secara fisik ketika berpuasa
  • Istirahat dan tidur nyenyak

Baca juga: Tricks Jaga Pola Makan pada Bulan Puasa

4. Berhenti kalau merasa tidak sehat

Kalau merasa tidak enak badan, segera hubungi bidan atau dokter.

Mampu juga mempertimbangkan untuk segera membatalkan puasa.

Masih dari Khaleej Cases, wanita hamil perlu segera menghubungi tenaga medis kalau mencicipi salah satu dari yang berikut:

  • Nir menambah berat badan yang cukup, atau menurunkan berat badan
  • Merasa sangat haus, atau buang air kecil lebih sedikit dari biasanya atau kalau urin berwarna gelap. Ini ialah tanda dehidrasi dan dapat membuat lebih rentan terhadap infeksi saluran kemih (ISK) atau komplikasi lainnya.
  • Sakit kepala, nyeri atau demam lainnya
  • Mual atau muntah
  • Kalau ada perubahan nyata pada gerakan bayi, mirip kalau bayi tidak banyak bergerak atau banyak menendang
  • Mencicipi nyeri mirip kontraksi. Ini mampu jadi menandakan persalinan prematur.

Kalau merasa pusing, pingsan, lemas, galau atau lelah, segera berbuka puasa dan minumlah air yang mengandung garam dan gula, atau larutan rehidrasi oral.

Baca juga: Terasa Berat? Begini Tricks Jalani Puasa Hari Pertama

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *