Hubble Menemukan Kurcaci Putih yang Mendingin Perlahan di Messier 13

Hubble Menemukan Kurcaci Putih yang Mendingin Perlahan di Messier 13 thumbnail

Menggunakan pengamatan keputusan tinggi dari dua gugus bola yang sangat seperti, Messier 3 dan Messier 13, astronom hang menemukan kelimpahan yang mengejutkan dari katai putih berwarna-warni di Messier 13. Contoh teoritis menyarankan bahwa kelimpahan ini ada di memoar perlambatan proses pendinginan di sekitar 70% katai putih di Messier 13, yang diakibatkan oleh pembakaran termonuklir yang stabil di lingkungan yang kaya akan hidrogen.

This Hubble image shows Messier 13, a globular cluster located 25,000 light-years away in the constellation of Hercules. Image credit: NASA / ESA / Hubble Heritage Team / STScI / AURA / C. Bailyn, Yale University / W. Lewin, MIT / A. Sarajedini, University of Florida / W. van Altena, Yale University.

Kereta Hubble ini menawarkan Messier 13, sebuah gugus bola terletak 25.000 tahun cahaya di dalam konstelasi Hercules. Karakterisasi peringkat kredit: NASA / ESA / Hubble Heritage Crew / STScI / AURA / C. Bailyn, Yale College / W. Lewin, MIT / A. Sarajedini, College of Florida / W. van Altena, Yale College.

Katai putih ialah sisa-sisa inti dari bintang bermassa rendah yang menggantung menyimpulkan saran termonuklir mereka.

Semua bintang dengan tumpukan di bawah 8 tumpukan volta kereta, dengan ekstensi yang dapat dilakukan sampai 11 tumpukan volta kereta, diperlukan untuk seluruh evolusi mereka sebagai katai putih.

Survei mereka menyediakan sejumlah besar file perihal sifat fisik dan evolusi nenek moyang mereka, yang berafiliasi sekitar 98% dari semua bintang di alam semesta.

“Kami sekarang menemukan bukti pengamatan mendasar bahwa katai putih dapat damai menjalani saran termonuklir stabil, ” kata Dr. Jianxing Chen, astronom di Alma Mater Studiorum Università di Bologna dan Institut Astrofisika Nasional Italia. jalan yang bertentangan dengan apa yang dipercayai oleh waktu dan lagi.”

Untuk menganalisis fisika yang mendasari evolusi katai putih, Dr. Chen dan rekan saat menempatkan katai putih pendinginan berikutnya di Messier 3 dan Messier 13 .

Kedua gugus bola raksasa ini memiliki banyak sifat fisik yang setara dengan usia dan logam, namun populasi bintang yang entah bagaimana akan menawarkan dorongan ke atas pada katai putih sangat banyak.

Secara khusus, warna total bintang pada tahap evolusi yang dikenal sebagai cabang horizontal lebih biru di Messier 13, menawarkan penghuni bintang yang lebih panas.

Hal ini membuat Messier 3 dan Messier 13 bersama-sama adalah laboratorium murni yang tidak mungkin untuk melihat bagaimana kesepakatan populasi katai putih yang keren.

Kereta Hubble ini menawarkan gugus bola Messier 3. Kereta pewarnaan dibuat dari eksposur terpisah yang diambil dalam kawasan spektrum yang dilihat dan ultraviolet dengan Digicam 3 Digicam 3 (WFC3) Hubble. Lima filter yang bersejarah untuk menangani sampel panjang gelombang. Akibat pewarnaan dari menetapkan banyak warna untuk masing-masing dan setiap rangkaian monokromatik yang terhubung ke filter individu. Karakterisasi peringkat kredit: NASA / ESA / Hubble / G. Piotto et al.

Memanfaatkan data dari instrumen Vast Self-discipline Digicam 3 (WFC3) di atas Teleskop Komando Hubble NASA/ESA, para astronom menemukan 418 dan 284 katai putih di Messier 3 dan Messier 13, masing-masing.

Mereka menemukan bahwa bintang katai putih Messier 3 hanya mendinginkan inti bintang.

Messier 13, sebaliknya, berisi dua populasi katai putih: katai putih biasa dan ini yang menggantung berhasil ditempatkan pada selubung luar hidrogen, memungkinkan mereka untuk terbakar lebih lama dan karenanya mendingin lebih lambat.

Membandingkan akibat mereka dengan simulasi laptop evolusi bintang di Messier 13, para peneliti dapat menyamakan bahwa sekitar 70% dari katai putih di Messier 13 membakar hidrogen di permukaannya, memperlambat proses pendinginan.

“Beberapa model teoretis untuk pendinginan kerdil putih secara perlahan s dihitung di masa lalu, mengusulkan bahwa penjelasan untuk pelambatan ini ialah adanya cangkang kaya residu hidrogen-kotor yang sangat tipis (dari tampilan 0,0001 tumpukan volta kereta) yang, dalam aturan, dapat ditunjukkan dengan damai di seluruh kepadatan. inti katai putih dan mengumpulkan energi secara diam-diam,” kata Profesor Leandro Althaus, astronom di Universidad Nacional de La Plata Argentina.

“Inovasi kami menantang definisi katai putih ketika kami menetapkan mempertimbangkan tingkat pandangan merek ketika ini perihal cara di mana bintang-bintang terakumulasi bobrok,” kata Dr. Francesco Ferraro, selain itu dari Alma Mater Studiorum Università di Bologna dan Institut Astrofisika Nasional Italia.

“Kami benar-benar menyelidiki kluster lain yang setara dengan Messier 13 untuk lebih membatasi ketentuan yang mendorong bintang untuk menetapkan selubung hidrogen tipis yang memungkinkan mereka menua secara perlahan.”

Temuan diterbitkan dalam jurnal Astronomi Alam.

J. Chen et al. Perlahan mendinginkan katai putih di M13 dari pembakaran hidrogen yang stabil. Nat Astron, diterbitkan online 6 September 2021; doi: 10.1038/s41550-021-01445-6