Genom Sirip Busur Menawarkan Kelembutan Baru pada Evolusi Ikan Bersirip Pari

Genom Sirip Busur Menawarkan Kelembutan Baru pada Evolusi Ikan Bersirip Pari thumbnail

Sirip Busur (Amia calva) ialah spesies ikan pari yang berasal dari Amerika Perkumpulan Utara. Juga diidentifikasi sebagai dogfish air tawar, grinnel, dan dust pike, spesies ini adalah teka-teki evolusi karena mewujudkan campuran yang ditentukan dari kemampuan leluhur dan ikan tingkat lanjut. Sekilas, kru peneliti dunia yang dipimpin oleh Michigan Convey College telah mulai memecahkan teka-teki dengan mengurutkan genom sirip busur.

The bowfin (Amia calva). Image credit: U.S. Fish and Wildlife Services.

Sirip busur (Amia calva). Rekam kredit: Perusahaan Ikan dan Margasatwa AS dan produk.

Sirip busur ialah satu-satunya anggota yang masih hidup dari garis keturunan dari banyak spesies yang sekarang dapat diidentifikasi tertinggi dari fosil.

Para ilmuwan telah lama tertarik pada sirip busur karena mengandung campuran kemampuan leluhur, mirip paru-paru-seperti udara bernapas dan kerangka sirip yang kokoh, dan kemampuan turunan mirip sisik yang disederhanakan dan ekor yang lebih rendah.

Sirip busur juga menempati wilayah utama dalam pohon keluarga ikan, yang terletak di antara teleosts, komunitas yang luas dan beragam yang muncul sekarang tidak terlalu lama di masa lalu, dan lebih banyak cabang sebelumnya yang terdiri dari sturgeon, paddlefish, dan bichirs.

Karena wilayah khusus ini dalam pohon keluarga ikan, sirip busur dapat mendukung ilmuwan menunjuk bagaimana aspek ikan yang tersebar luas berkembang dari pendahulunya.

“Untuk pertama kalinya, sekarang kami mempertahankan apa yang dikenal sebagai perakitan genom tahap kromosom untuk sirip busur,” diakui penulis senior Dr. Ingo Braasch, seorang peneliti di Divisi Hayati Integratif di Michigan Convey College.

“ Kalau Anda mengkhususkan diri dalam genom mirip e-book, apa yang kami miliki di masa lalu mirip halaman lengkap Anda robek berkeping-keping. Sekarang, kami telah menetapkannya lagi dalam e-book.”

“Nir diragukan lagi, catatan penting untuk beberapa alasan, dan itu dimulai dengan sirip busur menjadi apa yang Charles Darwin dikenal sebagai ‘fosil yang tinggal’.”

“Sirip busur tampak mirip bekas ikan. Ini tidak berarti bahwa sirip busur tidak berkembang semenjak masa lalu, namun perkembangannya lebih lambat daripada kebanyakan ikan.”

dengan nenek moyang terakhir yang dimiliki bersama oleh ikan dan insan, ratusan juta tahun yang lalu, daripada, katakanlah, ikan zebra hari ini.”

Zebrafish, yang adalah ikan teleost yang tersebar luas , ialah contoh yang cukup besar karena mereka secara luas kuno oleh para ilmuwan sebagai manekin untuk mempelajari dan membangun teori perihal kesehatan insan. Memiliki lebih banyak catatan genetik perihal sirip busur membantu membuat ikan zebra menjadi manekin yang lebih baik.

“Begitu banyak yang diajarkan perihal kesehatan dan penyakit insan diselesaikan pada organisme manekin, mirip tikus dan ikan zebra, ” kata Dr. Andrew Thompson, juga dari Divisi Hayati Integratif di Michigan Convey College. ikan zebra, absolut sulit untuk mencari padanannya pada orang-orang. Lebih mudah untuk berpindah dari ikan zebra ke sirip busur ke insan.”

“Misalnya, satu gen yang secara khusus menarik perhatian ialah gen yang paling tua dalam berbagi kantung bensin sirip busur, organ yang ikan berbicara perihal bernapas dan menyimpan udara.”

Para ilmuwan memperhitungkan bahwa nenek moyang terakhir yang dimiliki oleh ikan dan insan memiliki organ berisi udara mirip ini yang adalah pendahulu evolusioner insan paru-paru.

Penelitian sekilas menemukan bahwa proses genetik yang ditentukan dalam pola kandung kemih sirip busur memiliki kesamaan dengan apa yang diidentifikasi perihal pola paru-paru insan.

Proses yang sama juga terjadi pada ikan teleost yang tersebar luas, namun itu telah dikaburkan oleh ribuan tahun evolusi.

“Ad interim Anda muncul untuk kemampuan genetik insan dari pola organ pada ikan zebra ini, Anda tidak dapat menilainya karena ikan teleost mempertahankan biaya evolusi yang lebih besar,” Dr. Thompson mengakui.

“Ada di ikan yang tersebar luas, namun tersembunyi dari pertanyaan kecuali Anda menatapnya dengan sirip dan gar.”

Dengan masing-masing gar dan bowfin, para peneliti dapat menawarkan kawasan kemampuan genetik yang terkait dengan kandung kemih bensin dan pembentukan paru-paru bersembunyi di dalam ikan teleost yang tersebar luas.

“Anda tidak’ t lebih suka skandal yang menjembatani pada satu spesies. Temuan ini juga memperkuat implikasi bagi sejarah evolusioner di masa lalu,” Dr. Braasch mengakui. organ berisi udara dan kuno untuk bernapas di permukaan air, cukup seperti dengan apa yang Anda lihat di sirip dan gar.”

Tampak sekilas dalam jurnal Genetika Alam.

AW Thompson et al. Genom sirip busur menjelaskan evolusi perkembangan ikan bersirip pari. Nat Genet, dicetak online 30 Agustus 2021; doi: 10.1038/s41588-021-00914-y