Astronom Menerima Boomerang Kosmik di Galaksi Gugus Koma

Astronom Menerima Boomerang Kosmik di Galaksi Gugus Koma thumbnail

Penggunaan data rekaman dari Atacama Dapper Millimeter Array (ALMA), Blended Array for Review in Millimeter-Wave Astronomy (CARMA) dan Teleskop Luar Angkasa Hubble NASA/ESA, para astronom telah memperhatikan sebuah kosmik bumerang mencapai — peredaran bahan bakar molekuler yang kemungkinan besar akan dilucuti dari galaksi hanya untuk bundar hadir dan kembali lagi nanti — di kuadran barat laut NGC 4921, sebuah galaksi spiral di cluster Coma. Pernyataan tersebut menawarkan wawasan orisinal perihal siklus gaya hidup galaksi dan gugusan struktural di dalam galaksi, mirip yang dilacak oleh bahan bakar molekuler.

Zoomed in view of an ALMA (red/orange) and Hubble (optical) composite of NGC 4921; it highlights filament structures resulting from the effects of ram-pressure stripping. Image credit: ALMA / ESO / NAOJ / NRAO / S. Dagnello, NRAO / NASA / ESA / Hubble / K. Cook, LLNL / L. Shatz.

Memperbesar tampilan komposit ALMA (merah/oranye) dan Hubble (optik) dari NGC 4921; itu menyoroti struktur filamen yang memiliki implikasi dari pengupasan ram-regangan. Skor kredit gambar: ALMA / ESO / NAOJ / NRAO / S. Dagnello, NRAO / NASA / ESA / Hubble / Oke. Masak makan malam, LLNL / L. Shatz.

Cluster Coma ialah lingkungan astronomi galaksi yang berjarak sekitar 330 juta tahun cahaya di utara konstelasi Coma Berenices.

Umumnya diidentifikasi sebagai Abell 1656, cluster ialah lingkungan astronomi untuk melihat stripping ram-strain — rute yang diidentifikasi untuk mengeluarkan bahan bakar dari galaksi, meninggalkannya dengan keluar materi topik wajib untuk menerima bintang asli — pada pilihan yang berlebihan.

Anggota gugus yang sangat baik untuk melihat implikasi dari rute ini pada medium antarbintang yang padat ialah NGC 4921, a galaksi spiral yang besar dan praktis.

“Para astronom tertarik untuk mempelajari bagaimana galaksi tumbuh, berada, dan mati,” berbicara perihal Dr. William Cramer, seorang peneliti pascadoktoral di Arizona State Perguruan Tinggi.

“Imbas mirip regangan ram yang dapat mempercepat siklus hidup galaksi biasa ingin diapresiasi untuk motif ini.”

“Selain itu, molekul r bahan bakar di galaksi ialah kawasan kelahiran bintang-bintang terbaru, dan oleh karena itu mempelajari pencapaian regangan ram pada galaksi itu sangat penting.”

Penggunaan data rekaman yang dikumpulkan oleh ALMA, Dr. Cramer dan rekan menciptakan pilihan berlebihan bahan bakar molekul padat di NGC 4921.

Tujuan menawarkan struktur memukau yang diperoleh dalam regangan ram ‘angin’ — filamen panjang bahan bakar berat terkait dengan pembentukan baru bintang.

Bahan bakar yang padat dan berat ini dianggap lebih tahan terhadap pengupasan regangan ram, mungkin disebabkan oleh medan magnet yang membuatnya lebih kuat di medan.

“Saat gaya luar mirip regangan ram mengganggu sebuah galaksi, ini menawarkan kesempatan untuk mempelajari gaya-gaya dalam yang menjadi ciri khas galaksi,” ujar Profesor Jeffrey Kenney, seorang peneliti di Yale College.

“Filamen memukau tidak akan diperoleh tanpa medan magnet, jadi kami juga mempelajari perihal pentingnya medan magnet di galaksi f dari interaksi regangan ram ini.”

Data catatan ALMA dengan terang menawarkan filamen bahan bakar molekuler yang terkait dengan NGC 4921 — filamen tersebut, memang, menolak.

Namun kemudian astronom melihat sesuatu yang lain — salah satu bahan bakar yang paling mayoritas sebelumnya dilucuti datang hadir. sedang mentransfer mirip bumerang, dikeluarkan tetapi kemudian berputar-putar dan jatuh ke sumbernya. Kalau bahan bakar ini ditangkap kembali ke galaksi, ia harus menerima bintang asli,” Dr. Cramer berbicara perihal.

“Pencapaian bumerang mayoritas karena beberapa penyebab. Ini menawarkan bukti berat perihal evolusi galaksi.”

“Ini menegaskan teori lama perihal pola galaksi; dan itu membantu para astronom yang mencoba meramalkan tingkat kelahiran bintang-bintang terbaru.”

“Media antarbintang galaksi itu rumit, dengan banyak variabel yang kemungkinan besar mungkin sulit untuk dimodelkan.”

“Pernyataan ini penting karena menawarkan bahwa mundurnya bahan bakar juga dapat dideteksi dan memungkinkan kita untuk terus berusaha lebih luas untuk menunjukkannya.”

Tampilannya akan terungkap di Astrophysical Journal.

William J. Cramer et al. 2021. Filamen bahan bakar molekuler dan fallback pada regangan ram dilucuti Coma spiral NGC 4921. ApJ, sedang dicetak; arXiv: 2107.11731