DNA Punah dan Ketika Ini Menggali Sejarah Sejarah Evolusi Keluarga Badak

DNA Punah dan Ketika Ini Menggali Sejarah Sejarah Evolusi Keluarga Badak thumbnail

Peneliti menangkap sekuens genom dua spesies badak yang masih hidup dan tiga spesies badak yang telah punah dan kalau dibandingkan dengan fakta terkini dari tiga spesies yang masih hidup dan banyak sekali outgroup.

A paleoartist’s reconstruction of the three extinct species whose genomes were sequenced by Liu et al.: in the foreground is a Siberian unicorn (Elasmotherium sibiricum), and close behind are two Merck’s rhinoceroses (Stephanorhinus kirchbergensis); in the far background is a woolly rhinoceros (Coelodonta antiquitatis). Image credit: Beth Zaiken.

Rekonstruksi paleoartist tiga spesies punah yang genomnya telah diurutkan oleh Liu et al.: di latar depan ialah unicorn Siberia (Elasmotherium sibiricum), dan menyimpulkan dengan dukungan dari dua badak Merck (Stephanorhinus kirchbergensis); dalam latar belakang cara ialah badak berbulu (Coelodonta antiquitatis). Peringkat kredit gambar: Beth Zaiken.

“Mengetahui relasi antara spesies badak dan kapan mereka menyimpang telah menjadi pertanyaan yang dijawab oleh evolusioner ahli biologi karena disiplin ilmu yang baru,” kata Dr. Worship Dalén, seorang peneliti di Sentra Paleogenetika dan Museum Sejarah Alam Swedia masa lalu, dan rekannya.

“Charles Darwin sendiri menyebutkan disiplin pada tahun 1842 sebagai salah satu dari segelintir contoh dalam risalah langsungnya perihal evolusi yang mendahului On the Foundation of Species pada tahun 1859.”

“Terlepas dari kenyataan yang tak terbantahkan bahwa badak pernah menjadi spesies yang berbeda, badak yang masih ada terdiri dari 5 spesies paling mudah, semuanya sangat terancam punah dan prioritas global untuk konservasi. ”

“Rhinocerotoidea, clade di sisi keluarga badak Rhinocerotidae, menyimpang dari tapir 55-60 juta tahun yang lalu di Eurasia atau Amerika Utara.”

“Keluarga sebagai yang akan terjadi dari kenyataan ini menyebar menjadi minimal 100 spesies tersebar di seluruh peta melalui Afrika, Eurasia, Utara, dan Tengah AS dan termasuk sepasang mamalia darat terbesar yang pernah hidup. ”

“Kebanyakan badak punah lebih cepat daripada Pleistosen, dengan sembilan spesies yang sempurna bertahan sampai Pleistosen Boring, di mana kepunahan ekstra terjadi.”

Liu et al. mengidentifikasi perbedaan awal antara garis keturunan Afrika dan Eurasia yang masih ada, menyelesaikan perdebatan kunci dalam kaitannya dengan filogeni badak hidup. Peringkat kredit gambar: Liu et al., doi: 10.1016/j.cell.2021.07.032.

Dalam eksplorasi, para ilmuwan menganalisis genom dari 5 spesies hidup: badak India (Rhinoceros unicornis), badak putih (Ceratotherium simum simum), badak redup (Diceros bicornis), badak sumatera (Dicerorhinus sumatrensis), dan Badak Jawa (Rhinoceros sondaicus).

Mereka juga menganalisis genom tiga spesies yang punah: unicorn Siberia (Elasmotherium sibiricum), badak Merck (Stephanorhinus kirchbergensis), dan badak berbulu (Coelodonta antiquitatis).

Temuan mereka mengungkapkan bahwa garis keturunan Afrika dan Eurasia yang paling tua memutuskan sekitar 16 juta Satu tahun yang lalu.

Penulis menambahkana Akhirnya muncul peta bahwa sementara populasi badak yang semakin berkurang pada tangkapan akhir-akhir ini menurunkan keragaman genetik dan lebih banyak perkawinan sedarah daripada yang mereka lakukan di masa lalu, tangkapan badak secara historis memiliki kisaran keragaman genetik yang rendah.

“ Kami sekarang dapat mengungkapkan bahwa departemen paling utama dalam pohon eksistensi badak ialah di antara wilayah geografis, Afrika versus Eurasia, dan tidak pernah antara badak yang menangkap satu lawan dua cula,” kata Dr. Dalén.

“Inovasi utama kedua ialah bahwa semua badak, bahkan yang sudah punah, memiliki keragaman genetik yang relatif rendah.”

“Hingga taraf tertentu, ini menyiratkan bahwa genetik rendah keanekaragaman yang kami periksa di tingkat badak hari ini, yang semuanya terancam punah, sebagian adalah bagian dari biologi mereka.”

“Kedelapan spesies terus-menerus menawarkan penurunan populasi yang nyata namun udik selama penutupan dua juta tahun, atau ukuran populasi yang terus-menerus lemah selama sesi waktu yang diperpanjang, ”kata Dr Mick Westbury, seorang peneliti di College of Copenhagen.

“Ukuran populasi yang terus-menerus rendah mungkin sekarang baik bahwa badak terus-menerus menyesuaikan diri dengan kisaran keanekaragaman yang rendah.”

“Konsep ini sejalan dengan kurangnya jumlah mutasi berbahaya pada badak dalam waktu yang lama.”

“Badak akan menangkap mutasi berbahaya yang dihilangkan dalam penutupan 100 tahun, memungkinkan mereka untuk hidup cukup sehat, tanpa topik keragaman genetik yang rendah.”

“Temuan ini sebagian adalah fakta nyata, dan sebagian lagi tidak,” kata Dr. Dalén.

“Tampaknya keragaman genetik yang rendah pada badak adalah bagian dari sejarah jangka panjang mereka dan belum berakhir dengan pertimbangan kesehatan terkait perkawinan sedarah dan mutasi penyebab penyakit.”

“Di sisi lain, kami juga menemukan bahwa tingkat tangkapan badak ketika ini menurunkan keragaman genetik, dan rentang perkawinan sedarah yang lebih besar, kalau dibandingkan dengan sebelumnya. genom badak prasejarah.”

“Ini berarti bahwa penurunan populasi terakhir disebabkan oleh upaya dan penangkapan perusakan tempat asal berdampak pada genom.”

“Ini tidak benar, karena keragaman genetik yang rendah dan perkawinan sedarah yang berlebihan mungkin akan memperluas ancaman kepunahan di tingkat spesies ketika ini.”

Penelitian ini pernah dicetak dalam jurnal Sel.

Shanlin Liu et al. Genom yang punah dan kontemporer mengungkap sejarah evolusi keluarga badak. Sel, dicetak online 24 Agustus 2021; doi: 10.1016/j.cell.2021.07.032