Mengembara Lubang Hitam Supermasif Mungkin Mungkin Lebih Berlimpah dari yang Dipikirkan Sebelumnya thumbnail

Perbandingan unik yang dipimpin oleh para astronom dari Harvard & Smithsonian’s Center for Astrophysics mengungkapkan bahwa sensus mendesis lubang gelap supermasif tidak lengkap dan bahwa populasi besar pengembara gila tampaknya ada.

A ‘wandering’ black hole in the lenticular galaxy GJ1417+52. The main panel has a wide-field, optical light image from the NASA/ESA Hubble Space Telescope. The black hole and its host galaxy are located within the box in the upper left. The inset on the left contains Hubble’s close-up view of GJ1417+52. Within this inset the circle shows a point-like source on the northern outskirts of the galaxy that may be associated with XJ1417+52. The inset on the right is an X-ray image of XJ1417+52 from NASA’s Chandra X-ray Observatory in purple, covering the same region as the Hubble close-up. Image credit: NASA / CXC / UNH / Lin et al. / STScI.

Celah gelap ‘berkeliaran’ di dalam galaksi lenticular GJ1417+52. Panel utama memiliki gambar optik ringan disiplin besar dari NASA/ESA Hubble Condo Telescope. Celah gelap dan galaksi induknya mungkin mungkin mampu ditemukan di dalam kotak di kiri atas. Sisipan di sebelah kiri mengakomodasi leer penutup Hubble dari GJ1417+52. Bagian dalam bundar ini mengungkapkan sumber derajat-harga di pinggiran utara galaksi yang tampaknya akan terkait dengan XJ1417+52. Sisipan pada formulir pengamatan terakhir ialah gambar sinar-X XJ1417+52 dari Observatorium Sinar-X Chandra NASA dengan warna merah, menutupi situasi yang sama dengan penutupan Hubble. Kredit gambar: NASA / CXC / UNH / Lin et al. / STScI.

Lubang gelap supermasif diperkirakan ada di sentra sebagian besar galaksi yang baik, termasuk sentra galaksi Bima Sakti kita yang menyerap.

Massa mereka berkorelasi dengan sifat-sifat bagian dalam wilayah galaksi inangnya, tampaknya karena alasan mengapa lubang gelap berkembang dan berevolusi ketika galaksi itu sendiri berkembang, melalui penggabungan dengan galaksi lain dan jatuhnya galaksi area fabric dari medium intergalaksi.

Saat area fabric membuat tekniknya ke jantung galaksi dan bertambah ke celah gelap supermasif, itu menghasilkan inti galaksi aktif.

Peredaran keluar atau umpan balik lain dari inti galaksi aktif kemudian bertindak mengganggu untuk memadamkan pembentukan megabintang di dalam galaksi.

Simulasi kosmologi terbaru sekarang secara konsisten menentukan pembentukan megabintang dan celah gelap supermasif di galaksi dari awal Semesta sampai hari yang mendesis, membenarkan konsep-konsep ini.

Arah penggabungan berakhir secara alami i n beberapa lubang gelap supermasif yang jaraknya terbatas dari sentra galaksi yang diperbesar.

Arah ke satu celah gelap supermasif campuran rumit. Paling acapkali, celah gelap supermasif biner pertama kali dibuat yang kemudian secara teratur bergabung menjadi satu. Emisi gelombang gravitasi yang dapat dideteksi mungkin mungkin dihasilkan pada arah ini.

Di sisi lain, penggabungan acapkali kali dapat terhenti atau terganggu — gagasan mengapa tidak diragukan lagi salah satu yang kritis teka-teki penting dalam evolusi lubang hitam supermasif.

Sinkron dengan perbandingan baru, bahkan setelah miliaran tahun evolusi beberapa lubang hitam supermasif terbentuk tidak lagi bergabung dengan nukleus namun berhenti sejenak sebagai pengembaraan yang berbeda melalui galaksi.

“Kami mencatat populasi lubang gelap yang mengembara, yang digambarkan sebagai offset tubuh dari sentra halo mereka, dalam simulasi kosmologis ROMULUS,” kata Dr. Angelo Ricarte dari Harvard & Smithsonian’s Center for Astrophysics dan Black Gap Initiative di Harvard University dan rekan-rekannya.

“Nir mirip kebanyakan simulasi kosmologis yang dapat diperoleh ketika ini, lubang gelap diunggulkan terutama berdasarkan sifat bensin lokal NS d terakreditasi untuk menyesuaikan secara dinamis tanpa dipasang di sentra halo.”

“Melacak lubang gelap ini memungkinkan kami membuat prediksi yang kokoh perihal populasi offset.”

Dengan menggunakan simulasi kosmologi ROMULUS, para astronom menemukan bahwa di alam semesta akhir-akhir ini sekitar 10% dari massa di lubang gelap mungkin mungkin berada di pengembara.

Pada awalnya kondisi di alam semesta, dua miliar tahun setelah Ledakan Besar atau lebih belia, pengembara ini muncul seolah-olah cetak biru lebih kritis dan memiliki banyak massa di lubang gelap.

Memang, para peneliti menemukan bahwa pada zaman-zaman awal ini, para pengembara juga membentuk banyak emisi yang berasal dari populasi celah gelap supermasif. dari pusat-pusat tv satelit yang sebelumnya terganggu untuk galaksi komputer,” mereka mengakui.

“Ad interim kebanyakan bentuk tidak lagi mengurus rekan bintang yang terpecahkan, mereka yang terbentuk mungkin mungkin mungkin ditemukan lebih jauh di fraksi yang lebih besar dari jari-jari virial. dan lebih dekat ke bidang tengah inang mereka atau terkait dengan kepadatan bintang yang berlebihan.”

“Dalam pekerjaan di masa mendatang, kami akan mendeteksi tanda tangan pengamatan dari populasi pengembara dengan bunyi yang lebih besar.”

Makalah mereka diterbitkan dalam Pemberitahuan Bulanan Royal Enormous Society.

___