Astronom Menderita Cincin Sinar-X Besar di sekitar Kesenjangan Dim Massa Bintang thumbnail

Para astronom yang menggunakan Observatorium Sinar-X Chandra NASA dan Observatorium Neil Gehrels Swift telah mendeteksi situasi delapan cincin sinar-X di sekitar lubang suram bermassa rendah di V404 Cygni, sebuah denah biner yang terletak sekitar 7.800 tahun cahaya dalam konstelasi Cygnus. Cincin ini diciptakan oleh gema cahaya, sebuah fenomena yang seperti dengan gema di Bumi dari gelombang bunyi yang memantul dari permukaan yang melelahkan.

This composite image features a spectacular set of eight separate concentric rings around a black hole in the V404 Cygni binary system, captured using NASA’s Chandra X-ray Observatory and Neil Gehrels Swift Observatory. The image also contains optical data from the Pan-STARRS telescope in Hawaii that show the stars in the field of view. Image credit: NASA / CXC / University of Wisconsin-Madison / Heinz et al. / Pan-STARRS. - Astronom Menderita Cincin Sinar-X Besar Di Sekitar Kesenjangan Dim Massa Bintang

Gambar komposit ini menampilkan situasi spektakuler dari delapan cincin konsentris terpisah di sekitar lubang suram dalam biner V404 Cygni plan, menangkap penggunaan Chandra X-ray Observatory NASA dan Neil Gehrels Swift Observatory. Gambar tersebut juga berisi data rekaman optik dari teleskop Pan-STARRS di Hawaii yang menampilkan bintang-bintang tersembunyi di dalam bidang pandang. Skor kredit gambar: NASA / CXC / College of Wisconsin-Madison / Heinz et al. / Pan-STARRS.

“Cincin-cincin ini menawarkan para astronom tidak sepenuhnya perihal perilaku lubang suram, tetapi juga perihal lanskap antara V404 Cygni dan Bumi,” mereka mengakui.

“Haruskah kita merangkul, diameter cincin dalam sinar-X menggali jarak ke awan lumpur yang menghalangi cahaya memantul.”

“Kalau awan lebih dekat ke Bumi , cincin tampak lebih baik, dan sebaliknya.”

“Gema cahaya tampak tipis cincin lebih kecil daripada cincin besar atau bundar cahaya karena ledakan sinar-X berlangsung dalam jangka waktu yang cukup singkat.”

Para astronom juga membentuk cincin untuk menyelidiki sifat-sifat awan lumpur itu sendiri.

“Kami membandingkan spektrum sinar-X dengan item komputer lumpur dengan komposisi beragam,” mereka mengakui.

“Komposisi lumpur yang bervariasi akan menyebabkan banyak sekali jumlah sinar-X vitalitas yang lebih rendah diserap dan dicegah agar tidak terdeteksi oleh Chandra.”

“Inilah aturan yang sama perihal bagaimana beragam bagian tubuh kita atau barang bawaan kita menyerap beragam jumlah sinar-X, menawarkan catatan data perihal struktur dan komposisinya.”

“Kami yakin bahwa lumpur kemungkinan besar mengandung kombinasi butiran grafit dan silikat.”

“Sekuat, dengan memeriksa cincin interior dengan Chandra, kami menemukan bahwa kepadatan awan lumpur sekarang tidak seragam di semua arah. Pengalaman sebelumnya berasumsi bahwa mereka tidak melakukannya.”

Sebuah makalah yang menjelaskan akibat baru pernah dicetak di dalam Jurnal Astrofisika.

S. Heinz et al. 2016. Chandra Bersama dan Swift Melihat Gema Hamburan Debu X-Ray 2015 dari V404 Cygni. ApJ 825, 15; doi: 10.3847/0004-637X/825/1/15