Astronom Meletakkan Cincin Sinar-X Besar di Sekitar Lubang Dusky Massa Bintang

Para astronom yang bekerja di Observatorium Sinar-X Chandra NASA dan Observatorium Neil Gehrels Swift mendeteksi medan delapan cincin sinar-X di sekitar lubang gelap bermassa rendah di V404 Cygni, penarikan biner yang diposisikan sekitar 7.800 tahun ringan di konstelasi Cygnus. Cincin ini diciptakan oleh gema ringan, sebuah fenomena yang seperti dengan gema di Bumi dari gelombang bunyi yang memantul dari permukaan yang melelahkan.

Daftar komposit ini menampilkan bidang spektakuler dari delapan cincin konsentris terpisah di sekitar lubang gelap dalam penarikan biner V404 Cygni , menangkap mempekerjakan Chandra X-ray Observatory NASA dan Neil Gehrels Swift Observatory. Daftar ini juga berisi berita optik dari teleskop Pan-STARRS di Hawaii yang menawarkan bintang-bintang dalam disiplin diri mengintip. Gambarkan peringkat kredit: NASA / CXC / College of Wisconsin-Madison / Heinz et al. / Pan-STARRS.

“Cincin ini tidak hanya mengajarkan para astronom perihal Norma lubang gelap, tetapi juga perihal panorama antara V404 Cygni dan Bumi,” kata mereka.

“Katakanlah, diameter cincin dalam sinar-X menawarkan jarak ke awan kotoran yang menghalangi sinar matahari memantul.”

“Kalau awan lebih dekat ke Bumi, cincin tampaknya lebih besar, dan sebaliknya.”

“Gema sinar matahari tampak mirip cincin tipis di plig ht cincin lebar atau bundar cahaya karena ledakan sinar-X berlangsung paling cepat dalam jangka waktu yang agak cepat.”

Para astronom juga veteran cincin untuk menyelidiki sifat-sifat awan kotoran itu sendiri.

“Kami membandingkan spektrum sinar-X dengan mode komputer dari kotoran dengan banyak sekali komposisi,” mereka mengakui.

“Komposisi kotoran yang sangat berbeda akan berakibat dalam jumlah yang berbeda dari sinar-X vitalitas yang lebih rendah diserap dan dicegah agar tidak terdeteksi oleh Chandra.”

“Inilah aturan yang sama perihal bagaimana banyak sekali fitur tubuh atau kantong kita menyerap banyak sekali macam sinar-X, menawarkan data perihal struktur dan komposisinya.”

“Kami menentukan bahwa kotoran tersebut kemungkinan terdiri dari kombinasi butiran grafit dan silikat.”

“Selain itu, dengan menganalisis cincin interior dengan Chandra, kami menemukan bahwa kerapatan awan tanah biasanya tidak seragam dalam semua instruksi. Analisis sebelumnya mendapatkan asumsi bahwa mereka tidak.”

Sebuah makalah yang menjelaskan akibat baru pernah diterbitkan di Jurnal Astrofisika.

S. Heinz et al. 2016. Pencarian Bersama Chandra dan Swift dari Gema Penghamburan Kotoran Sinar-X 2015 dari V404 Cygni. ApJ 825, 15; doi: 10.3847/0004-637X/825/1/15