Pengorbit ExoMars ESA Mendeteksi Nir Ada Metana di Suasana Mars

Pengorbit ExoMars ESA Mendeteksi Nir Ada Metana di Suasana Mars thumbnail

‘Thriller metana’ di Mars telah berlangsung hanya selama beberapa tahun, dengan temuan yang kontradiktif dari beberapa misi, mirip Mars Categorical ESA dan penjelajah Curiosity NASA, menembakkan lonjakan sporadis dan semburan bensin di atmosfer Mars, fluktuasi baik di orbit maupun di permukaan, tanda-tanda bensin bervariasi menurut trend, atau tidak lagi menatap metana apa pun. Sekarang, Pengorbit Gas Layak ESA telah membuat batasan baru yang lebih baik perihal seberapa terkenalnya metana dan tiga jenis gas biosignature (etana, etilen, dan fosfin) di atmosfer Mars.

ESA’s ExoMars Trace Gas Orbiter at Mars. Image credit: D. Ducros / ESA.

Pengorbit Gas Layak ExoMars ESA di Mars. Kredit gambar: D. Ducros / ESA.

Berburu biosignatures di Mars ialah agenda yang tak terpisahkan dari Worth Gas Orbiter (TGO) ESA.

Bensin biosignature utama dari semangat ialah metana, karena metana terkenal yang ditemukan di Bumi dihasilkan oleh persoalan kehidupan atau pekerjaan geologis — dan hal yang sama bahkan mungkin berlaku untuk Mars.

Estimasi usang dari Mars dan misi berbasis darat bervariasi dari 0,2 sampai 30 bagian per miliar menurut kuantitas (ppbv), menawarkan sebanyak 30 molekul metana per miliar molekul. Di atmosfer bumi, metana ditunjukkan pada hampir 2.000 ppbv.

Akibat TGO pertama, yang dilaporkan pada April 2019, tidak menawarkan metana, mirip perhitungan lain yang, kalau terbukti, bensin harus mempertahankan konsentrasi maksimum 0,05 ppbv.

“Kami sekarang memiliki Atmospheric Chemistry Suite (ACS) di atas pesawat ruang angkasa TGO untuk menyempurnakan batas yang lebih mudah untuk metana di Mars bahkan lebih, kali ini mengumpulkan data catatan selama lebih dari 1,4 tahun Mars — 2,7 tahun Bumi,” kata Dr. Franck Montmessin, seorang peneliti di LATMOS.

“Kami tidak menemukan sinyal bensin sama sekali, menawarkan bahwa jumlah metana di Mars tidak diragukan lagi bahkan berkurang dari perkiraan yang sudah ketinggalan zaman.”

“Karena instrumen pengorbit sangat ringan, kalau metana ditunjukkan, itu harus pada kelimpahan lebih rendah dari 0,05 ppbv — dan tentunya lebih rendah dari 0,02 ppbv.”

Dr. Montmessin dan rekan-rekannya juga mencari tanda-tanda rumah Curiosity berbentuk bola metana, kawah Gale, dan tidak menemukan apa pun, tidak ada topik apa pun yang dilaporkan oleh penjelajah yang melaporkan eksistensi metana di sana.

“Keingintahuan tegak lurus di permukaan Mars. sementara pengorbit melakukan pengukuran hanya beberapa kilometer di atas — sehingga variasi antara dua temuan ini bahkan mungkin dapat dijelaskan oleh metana apa pun yang terperangkap di atmosfer yang lebih rendah atau lingkungan yang dekat dengan rover,” kata Dr. Montmessin.

Kurangnya metana Mars yang dilaporkan oleh kelompok tersebut didukung oleh perkiraan data dari instrumen NOMAD (Nadir Occultation MArs Discovery) di atas kapal TGO.

“ Kami juga tidak menemukan sinyal metana di Mars, dan mempertahankan batas yang lebih baik 0,06 ppbv, yang sesuai dengan temuan awal TGO perihal penggunaan instrumen ACS,” kata Dr. Elise Wright Knutsen, juga dari LATMOS.

“Sama efektifnya dengan membeli metana dunia, kami juga mencari plume lokal di ov er 2.000 area di planet ini dan tidak mendeteksi apa pun — jadi kalau metana dilepaskan dalam sistem ini, itu absolut sporadis.”

Metana, etana, etilen dan fosfin secara total berasosiasi dengan alam atau Proses geologis, jadi berpikir kalau mereka muncul atau tidak lagi di Mars sangat penting untuk memikirkan proses apa yang mampu atau tidak mampu lagi terjadi di planet ini hari ini. Kredit gambar: ESA.

Selain metana, para peneliti mencari dua jenis gas: etana dan etilena. Molekul-molekul ini diperkirakan akan terjadi setelah metana dipecah pada siang hari, dan sangat menarik karena keduanya memegang tegak lurus dan dalam konteks perburuan kita untuk metana.

Molekul-molekul ini juga bertahan masa hidup yang cepat, prosedur yang kalau mereka ditampilkan dalam suasana planet yang mereka pegang baru-baru ini dilepaskan atau dibuat melalui proses berkelanjutan. Hal ini membuat mereka menjadi pelacak yang elegan dari pekerjaan alami atau geologis yang tidak diragukan lagi.

“Ini ialah akibat pertama ExoMars dalam berburu kedua gas ini. Kami tidak mendeteksi keduanya, dan karenanya menjaga batas yang lebih baik untuk etana dan etilena masing-masing pada 0,1 dan 0,7 ppbv — rendah, tetapi lebih besar dari batas kami untuk metana,” kata Dr. Knutsen.

TGO juga memburu fosfin — bensin yang menimbulkan percikan dan kontroversi besar tahun lalu saat diduga terdeteksi di Venus.

“Kami tidak mengumpulkan tanda-tanda fosfin di Mars. Batas kami yang lebih baik ialah sama untuk etana dan etilena — antara 0,1 dan 0,6 ppbv,” kata Dr. Kevin Olsen, peneliti di University of Oxford.

“Apakah biosignatures ialah terdeteksi atau tidak lagi, temuan ini sangat penting untuk pemikiran kami perihal proses mana yang terjadi, dan mana yang tidak lagi, dalam suasana Mars – catatan data yang sangat penting saat terlibat dengan fokus pada penyelidikan berkelanjutan kami di Mars, ”kata ilmuwan tantangan TGO Dr. Håkan Svedhem, seorang peneliti di ESA.

“Masih banyak pertanyaan kunci — sebagai ilustrasi, mengapa Curiosity melihat metana di Kaldera Gale, sementara kita tidak mengumpulkannya di orbit? Dapatkah juga jangkauan metana ini dari kawasan lain, atau paling mudah ditunjukkan di area tertentu di seluruh planet ini — atau bahkan dapatkah penghancuran metana secara tiba-tiba menawarkan lebih cepat daripada kita dapat mendeteksinya?”

“Absolut akan menarik untuk melanjutkan bekerja secara kolaboratif dengan misi menghargai penjelajah Curiosity dan Rosalind Franklin, yang keduanya sepenuhnya memiliki semacam aspek yang menguntungkan bagi pengorbit, untuk akhirnya menentukan apa yang terjadi di sini. atmosfer planet misterius.”

Akibat baru muncul dalam tiga makalah di jurnal Astronomy & Astrophysics dan jurnal Icarus.

___

F. Montmessin et al. 2021. Batas lebih baik yang ketat sebesar 20 pptv untuk metana di Mars dan batasan pada dispersi peluncuran udara Kaldera Gale. A&A 650, A140; doi: 10.1051/0004-6361/202140389

Elise W. Knutsen dst. 2021. Penyelidikan lengkap metana dan organik Mars dengan ExoMars/NOMAD. Icarus 357: 114266; doi: 10.1016/j.icarus.2020.114266

KS Olsen et al. 2021. Batas atas fosfin (PH3) dalam suasana dari Mars. A&A 649, L1; doi: 10.1051/0004-6361/202140868

Artikel ini sejalan dengan teks yang ditawarkan oleh European Condo Company.